Perusahaan Transportasi Terpercaya, Ini Layanan yang Dihadirkan SERA di Indonesia

Beriringan dengan perkembangan zaman, teknologi pun turut mengalami kemajuan dan peningkatan pesat sehingga perlahan-lahan mulai mempengaruhi berbagai industri. Akhirnya, banyak bisnis dari berbagai sektor harus ikut berinovasi agar bisa bertahan.

Dari fenomena tersebut, perusahaan transportasi dan logistik pun menjadi salah satunya. Sebagaimana diketahui, kedua bidang ini sebenarnya dianggap cukup menjanjikan, tinggi peminat, serta dianggap mampu menjawab semua kebutuhan masyarakat luas.

Kini, banyak perusahaan bermunculan untuk menyediakan layanan transportasi dan logistik dengan beragam keunggulan tersendiri. Banyaknya pilihan tersebut membuat pengguna harus teliti dan hati-hati saat memilih perusahaan mana yang akan digunakan.

Sejatinya, perusahaan transportasi dan logistik harus bisa memenuhi kebutuhan pengguna lewat layanan terjamin dan dipercaya. Salah satunya ialah PT Serasi Autoraya atau SERA yang memiliki reputasi baik berkat kinerja mumpuni sejak awal kemunculannya. 

PT Serasi Autoraya sendiri termasuk sebagai anak perusahaan Astra International Tbk yang menjadi perusahaan transportasi dengan layanan terpercaya hingga berhasil mendapatkan banyak klien bahkan menjadi yang terdepan di bidangnya.

Menyediakan beragam pelayana, setiap layanan SERA memungkinkan Anda untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari pengiriman ke dalam maupun luar negeri, hingga menjangkau seluruh Asia. Maka tak heran bila SERA mendapat ulasan positif berkat performanya tersebut.

Layanan Transportasi dari SERA

Di bidang transportasi, beberapa layanan yang ditawarkan SERA adalah:

1. TRAC

Pertama, ada TRAC (rent a car) sebagai wujud komitmen SERA dalam menghadirkan solusi transportasi berkualitas. Secara sederhana, layanan TRAC meliputi sewa atau rental kendaraan mulai dari bus, mobil, motor, bahkan sopir profesional. Lewat TRAC, SERA berupaya untuk memenuhi segala kebutuhan, baik untuk individu maupun korporat. 

a. Corporate Rental dari TRAC

Corporate rental ialah layanan penyewaan untuk korporat dengan durasi selama satu tahun dan dilengkapi pusat bantuan pelanggan 24 jam. Adapun layanan ini, terbagi lagi menjadi dua, yaitu:

  • Operating Lease

SERA menyediakan berbagai tipe kendaraan serta memberi jaminan perlindungan risiko pada kendaraan maupun penumpang. 

  • TMS

Transportation management system atau TMS adalah layanan untuk perusahaan menerapkan pengelolaan sistem transportasi lebih efisien dan efektif melalui layanan terintegrasi.

b. Individual Rental dari TRAC

Selain itu, tersedia juga rental personal atau individual dengan pilihan durasi sewa yang lebih singkat, sehingga bisa menjadi solusi transportasi untuk liburan, acara keluarga, perjalanan bisnis, atau lainnya, dengan beberapa layanan antara lain:

  • Daily Rental untuk kebutuhan sewa harian.
  • Airport Transfer untuk layanan antar-jemput bandara di 16 kota di Indonesia.
  • MICE atau meeting, incentives, convention, and exhibition guna menunjang kebutuhan transportasi skala besar.
  • Point to point services yang akan memudahkan Anda dalam berpindah dari satu titik ke titik tujuan lain sehingga mobilitas tetap terjaga.

c. Rental Bus

Selanjutnya, ada rental bus yang menyediakan empat tipe bus utama, yakni mikro, medium, makro, dan premium. Adapun masing-masing tipe bus tersebut tentu memiliki keunggulannya masing-masing. Layanan ini akan menjadi pilihan terbaik jika Anda membutuhkan kendaraan untuk kebutuhan kolektif seperti liburan bersama instansi, sekolah, perusahaan, keluarga besar, atau gathering.

d. Sewa Motor

Terakhir, ada layanan transportasi dari SERA untuk memenuhi kebutuhan operasional dengan lebih cepat dan lebih gesit di jalanan, yakni penyewaan atau rental motor. Sama seperti layanan lain, untuk sewa motor di SERA juga tersedia berbagai pilihan kendaraan dari bermacam-macam brand yang siap Anda pilih sesuai keinginan.

2. Astra FMS

Dalam layanan transportasinya, SERA turut menghadirkan solusi komprehensif pengelolaan kendaraan dan transportasi berbasis teknologi, yakni fleet management solution (Astra FMS). Melalui Astra FMS, mengelola transportasi menjadi lebih efisien, efektif, dan aman. 

Sederhananya, Astra FMS akan memasang alat on board device di setiap kendaraan untuk memonitor kinerja kendaraan melalui ECU atau engine control unit. Informasi hasil monitor tersebut berguna untuk mengetahui jadwal perawatan kendaraan, kondisi mesin dan detail lainnya.

Fitur-Fitur Astra FMS

Secara lebih lengkap, inilah fitur Astra FMS:

  • Mengelola transportasi secara terukur dan menyeluruh.
  • Memonitor kendaraan real time dan memastikan kendaraan serta sopir berada dalam kondisi aman guna meminimalisir kesalahan atau hal tidak diharapkan.
  • Mengoptimalkan dan mengontrol durasi pemakaian kendaraan.
  • Meminimalkan downtime kendaraan dengan maintenance tepat waktu.
  • Memantau, mengelola, dan menganalisa performa dan perilaku pengemudi agar selalu mengutamakan keselamatan dan keamanan.
  • Mempertahankan kualitas sistem transportasi melalui pemantauan dan kontrol yang disiplin, baik transportasi penumpang maupun logistik.
  • Mengatur efisiensi biaya operasional kendaraan.
  • Mengoptimalkan pemakaian kendaraan sesuai kebutuhan.

Pengalamannya selama lebih dari tiga dekade kini membuat SERA menjadi perusahaan transportasi dan logistik dengan reputasi baik, layanan lengkap, dan inovatif menyesuaikan perkembangan zaman.